Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Ikan Lele Memakan Flok Pada Kolam Sistem Bioflok?

Usaha ternak lele dengan media kolam terpal sering disebut juga dengan Kolam Lele Bioflok. Perlakuan air pada kolam terpal memang berbeda dengan kolam tanah ataupun kolam beton. Hal ini karena pada kolam terpal, air tidak bisa mendapat asupan mineral dari tanah atau dinding beton yang alami, sehingga air perlu diolah. Cara mengolah air inilah yang disebut dengan sistem Bioflok.

Saat anda memilih kolam terpal, ilmu pengendali air ala avatar harus dikuasai. hehehehe. Keunggulan kolam terpal dibanding kolam tanah atau kolam beton adalah lebih aman dari binatang predator seperti ular, lisang/bregul, tikus atau masuknya ikan predator seperti ikan gabus. Serta juga lebih aman dari banjir.

Apa sih bioflok itu?
Bioflok berasal dari dua kata, yaitu bio yang berarti kehidupan dan floc yang berarti gumpalan. Penggabungan definisi dari dua kata ini kemudian memiliki arti tersendiri, yaitu bahan organik hidup yang menyatu menjadi gumpalan-gumpalan.

Gumpalan-gumpalan itu berasal dari kotoran lele itu sendiri, yang dengan bantuan bakteri mikroorganisme terolah menjadi makhluk hidup.

Nah yang sering dipertanyakan dan sering mengundang perdebatan adalah, apakah ikan lele memakan flok pada kolam bioflok tersebut?

Ada pendapat yang mengatakan lele memakan flok-flok tersebut sehingga mengurangi jumlah pakan. Pakan 100KG bisa menghasilkan ikan lele dengan bobot total 130KG. Dalam kolam non-flok jika menghabiskan pakan 100KG maka bobot lele yang dipanen ya hanya 100KG sesuai jumlah pakan.

Pendapat yang kedua, lele tidak makan flok di dalam air.

Nah, mana pendapat yang anda yakini, silahkan saja. Tapi saya hanya ngasih tahu yang pasti saja, kolam terpal yang airnya diolah pakai sistem bioflok, ikan lele-nya lebih sehat, lebih tenang dan lebih tahan cuaca. Dibandingkan ikan lele di dalam kolam terpal yang airnya tidak diolah, atau dibiarkan apa adanya.

Kalau pendapat saya sendiri, ikan lele pada sistem bioflok juga akan makan flok. Pendapat saya ini didasari pada temuan kotoran lele yang mengambang. Terlihat warnanya hijau, padahal pakan yang diberikan warna coklat. Ini jadi bukti bahwa lele juga memakan flok ataupun alga yang ada di air. Ini fotonya.

Jika Ikan Nila sudah pasti memakan flok.
Semoga bermanfaat gaess.

Post a Comment for "Apakah Ikan Lele Memakan Flok Pada Kolam Sistem Bioflok?"