Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini 7 Komponen Utama Motor Yamaha Yang Bergaransi Lima Tahun, Rusak Diganti Baru!

Tepat di tanggal 5 bulan 10 tahun 2023 Yamaha resmi meluncurkan jaminan garansi sampai 5 tahun. Meliputi Rangka, mesin sampai sistem injeksi. Komplit mas bro sis.

Jadi buat anda yang beli motor Yamaha sejak 1oktober 2023. Sudah langsung masuk garansi 5 tahun ini. Buat yang beli secara kredit selama 3 tahun, tenang aja, motor dijamin awet sampai lunas deh.

Untuk bagian injeksi, ada 4 komponen penting mendapat garansi sampai 5 tahu  atau 50.000KM. 

Yaitu: 
Pertama adalah ECU (Electronic Control Unit), si otak motor yang mengatur sistem sensor dan pembakaran. Jika ECU Rusak, motor gak akan bisa nyala.  
Kedua adalah sensor oksigen, yang bertugas mendeteksi kadar asap, jika sampai motor ngebul berarti ada masalah di mesin. 
Ketiga adalah Fuel Pump si pompa bensin yang terletak di dalam tangki motor yang tugas memompa BBM dari tangki ke injektor.
Keempat adalah injektor yang tugasnya menyemburkan BBM ke ruang bakar. 

Untuk bagian mesin, ada dua komponen utama yang mendapat garansi 5 tahun, yaitu: 
Pertama si Piston atau Seker, dengan metode pembuatan secara ditempa (forged) bukan hanya dicor, Yamaha mengklaim piston jenis forged ini bisa tahan sampai 5 tahun. 
Kedua adalah lubang silindernya atau burengnya. Pada semua motor Yamaha telah dilengkapi dengan teknologi DiAsil Cilinder. Teknologi terbaru ini disematkan di bagian dinding silinder dan dibuat dari bahan alumunium dicampur dengan silicon. Hasilnya, dinding silinder jadi makin kuat enggak gampang tergoreng. Yamaha berani ngasih garansi sampai 5 tahun. 

Lalu yang paling utama adalah bagian rangka. Utamanya pada motor matik, Yamaha berani ngasih garansi sampai 5 tahun. Motor-motor Matik Yamaha menggunakan rangka dari pipa besi tubular dengan ketebalan minimal 2milimeter dan pada beberapa bagian mencapai 3 milimeter. Dijamin kuat dan anti keropos. 

Untuk mencegah keropos dari dalam, Yamaha ngasih lubang-lubang yang tugasnya menjadi tempat keluar air jika ada air yang masuk ke dalam rangka. 

Nah, gimana? masih ragukah sama kualitas Yamaha? jika masih ragu, sekarang Yamaha sudah ngasih garansi 5 tahun. Garansi motor terpanjang di Indonesia sampai saat ini. 

Syaratnya selain harus rajin dan rutin servis ke bengkel resmi Yamaha, ya harus punya motor Yamaha dong. 

1 comment for "Ini 7 Komponen Utama Motor Yamaha Yang Bergaransi Lima Tahun, Rusak Diganti Baru!"

  1. garansinya bukan kaleng kaleng memang, btw di soul gt saya injektornya baru rusak setelah umur 10 thn

    ReplyDelete