Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nomer SIM Akan Memakai Nomer KTP

Sumber gambar: detik.com


Mulai tahun ini, nomer SIM akan sama dengan nomer KTP. Ini berlaku bagi yang bikin baru SIM atau memperpanjang mulai 2025. Sedangkan bagi SIM-nya masih aktif, masih memakai nomer SIM yang lama sampai tiba waktunya untuk diperbarui atau diperpanjang. Jadi yang sim-nya masih aktif lama enggak usah terburu-buru memperbarui SIM, tunggu aja sampai masa berlakunya habis.

Dirregidens Korlantas Polri Brigjen Pol. Yusri Yunus menegaskan, kebijakan satu data atau single data tersebut merupakan bentuk penertiban data pribadi penduduk Indonesia agar tak ganda. Rencananya, kebijakan itu mulai berlaku mulai 2025.

sistem NIK yang tertera pada KTP sejatinya sudah bagus. Sebab, data penduduk bisa terekam dengan jelas hanya menggunakan satu NIK. Bahkan, kata dia, bayi yang baru lahir bisa langsung mendapat nomor registrasi tersebut.

Jadi, intinya dengan single data. Paling bagus kalau NIK KTP, SIM, misalnya BPJS, kartu KS. Semua pakai NIK. Kan nomor NIK ini satu orang cuma satu di Indonesia

Ini juga menarik jika nanti bisa konek di Aplikasi IKD, Identitas Kependudukan Digital yang sekarang sedang digencarkan oleh kementrian dalam negeri. Dalam satu akses aplikasi bisa muncul semua mulai dari SIM, KTP, KK sampai Kartu BPJS jadi enggak perlu repot-repot merawat dokumen fisik.

wacana nomor SIM menjadi NIK ini sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi duplikasi kepemilikan SIM. Selain itu, single data juga membuat efisiensi dan efektivitas bisa jadi satu nomor dengan BPJS dan KTP.

Selama ini, karena SIM juga berlaku sebagai pengganti KTP di beberapa instansi. Banyak kejadian SIM ganda untuk memalsukan identitas.

Post a Comment for "Nomer SIM Akan Memakai Nomer KTP"