Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembodohan Otomotif, Motor Matik Lebih Irit Daripada Bebek



Salah satu bentuk pembodohan otomotif di Indonesia adalah promosi gencar dari pabrikan motor bahwa motor matik itu sangat irit. 

Walhasil pengguna motor yang awam akhirnya percaya dan meyakini bahwa motor matik itu memang ngirit. 

Sampai-sampai konsumen menjadikan motor matik standar ukuran ngirit. Bahwa motor irit ya matik dan motor bebek dan motor sport pasti lebih boros.

Di negara yang melek otomotif, seperti Thailand. Penjualan motor matik sudah enggak laris lagi. Tahun 2023 motor terlaris di Thailand adalah motor bebek, Honda Wave atau Honda Revo yang terjual 550rb unit sedangkan Honda Click atau Honda Vario cuma laku 115rb. Alasan utamanya? ya karena memang Honda Revo 2x lipat lebih ngirit daripada Honda Vario.

Secara teknis, Motor tipe matic membutuhkan putaran mesin dengan angkatan awal yang lebih tinggi dibanding motor manual. Untuk start motor matik butuh putaran rpm di kisaran 3000rpm. Sedangkan motor bebek atau sport untuk CC yang sama, bisa langsung jalan di kisaran 1.500 rpm.

Makanya untuk ngakali biar ngirit, motor matik dibikin seringan mungkin biar bisa terbang melayang, mulai dari rangka yang sampai behel dibuat dari lempengan baja ringan sampai plastik. 

Makanya kalau mau ngirit, jangan pakai motor matik, masak laki kok gak bisa ngoper gigi, ya udah pakek lisptik aja.  

Post a Comment for "Pembodohan Otomotif, Motor Matik Lebih Irit Daripada Bebek"